Rands Inc.

Tips Perawatan Wajah & Kecantikan ala Dinan

Tips Perawatan Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota, jadi jika mengalami masalah seperti mengalami kerontokan dan penipisan pasti mengkhawatirkan. Berikut ini adalah tips perawatan rambut rontok.

Perawatan rambut rontok dengan bahan alami

Terdapat banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut yang rontok sehingga bisa tumbuh lebat kembali, berikut beberapa diantaranya.

Lidah Buaya atau Aloe Vera

Sudah banyak yang mengetahui manfaat bahan alami ini bagi kesehatan rambut. Aloe vera atau lidah buaya memang memiliki kandungan getah atau lendirnya yang mampu membuat rambut menjadi tumbuh subur kembali. Caranya juga sangat mudah, yakni cukup ambil daging lidah buaya  bisa dengan membelah lalu mengambil dagingnya dengan sendok atau dengan garpu, atau dengan cara dikupas kulitnya dengan pisau, lalu hancurkan daging lidah buaya tersebut hingga leleh dan menjadi cairan kental semuanya, bisa dengan cara di blender dengan sedikit air atau dicacah dengan pisau atau garpu dan lain sebagainya, lalu oleskan getah daging aloe vera atau lidah buaya tersebut pada kulit kepala yang telah bersih dan setengah kering sehabis dikeramas. Bisa juga dioleskan langsung daging lidah buaya tersebut dengan cara membelah atau mengupasnya terlebih dahulu. Namun jika ingin mencampurnya dengan bahan alami lainnya, seperti dengan yogurt, madu, bawang merah, atau minyak kelapa  minyak kemiri, atau jeruk nipis, atau minyak zaitun, garam dan lain sebagainya, maka daging lidah buaya tersebut harus dihaluskan terlebih dahulu. Setelah dioleskan pada kulit rambut maka diamkan beberapa saat baru dibilas dan keramas rambut hingga bersih.

Bawang Merah

Ketombe juga bisa membuat rambut jadi rontok. Bisa gunakan bawang merah untuk mengatasinya. Caranya ialah dengan membelah bawang merah, lalu oleskan pada kulit kepala, atau bisa juga dengan menghaluskan bawang merah yang telah dikupas lalu oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama sekitar 30 menit dan baru bilas dan bersihkan rambut dengan melakukan keramas hingga bersih dan hilang baunya. Lakukan secara rutin, bisa dua atau tiga hari sekali.

Alpukat dan bahan alami lainnya.

Bisa juga oleskan daging alpukat yang telah dihaluskan pada kulit kepala. Lalu diamkan sekitar 30 menit sambil pijit-pijit kepala, dan lilit rambut dengan handuk panas. Kemudian bisa bilas dan keramas rambut hingga bersih. Selain itu bisa dengan pisang, minyak zaitun, madu, jeruk nipis dan lain sebagainya.

Campurkan Garam pada Shampoo

Guna menghilangkan ketombe penyebab kerontokan rambut, maka bisa juga campurkan garam pada saat menggunakan shampoo ketika sedang keramas, tak perlu banyak-banyak. Gunakan seperti butiran scrub pada kulit kepala.

Jaga Asupan Nutrisi

Rambut mengalami kerontokan bisa jadi disebabkan oleh asupan nutrisi yang kurang, terutama zat besi, protein dan vitamin b12. Bisa dengan rajin makan bayam, telur dan buah alpukat, dan lain sebagainya.

Perawatan rambut rontok dengan cara lainnya.

Selain berbagai cara alami tersebut di atas juga bisa ditempuh cara berikut ini.

Konsumsi Supplement Penumbuh Rambut

Rambut rontok bisa jadi akibat kurangnya asupan nutrisi, terutama vitamin b12, zinc atau zat besi dan juga protein. Hal ini bisa juga diatasi dengan mengonsumsi supplement terkait.

Jaga Kebersihan Rambut

Kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori kulit kepala bisa menimbulkan ketombe dan kerontokan rambut. Oleh karenanya lakukan keramas secara rutin.

Pilih Shampoo yang Tepat

Kerontokan bisa juga terjadi akibat salah memilih shampoo, pilihlah jenis shampoo yang sesuai dengan jenis kulit kepala, yakni kulit berminyak atau kering dan lain sebagainya. Kemudian juga usahakan agar tidak terlalu sering berganti-ganti shampoo, bisa tiga bulan sekali atau setahun sekali jika hendak mengganti shampoo yang sudah cocok digunakan.

Oleskan Larutan Penumbuh Rambut

Bisa juga dengan mengoleskan cairan obat penumbuh rambut seperti minoxidil, baik yang 2% atau 5% sesuai aturan pakainya, dan konsultasikan dulu dengan dokter.

Jangan Cat Rambut dan Ikat Terlalu Kencang

Perlakukan rambut dengan baik, jangan diikat dengan terlalu kencang atau mewarnai rambut dulu ketika rambut mengalami kerontokan, gunakan shampoo khusus untuk rambut diwarnai jika sudah terlanjur, dan juga jangan keringkan rambut rontok dengan hairdryer yang terlalu panas suhunya, bisa dibiarkan saja diangin-anginkan hingga rambut rontok yang basah menjadi kering sendiri. Jangan gunakan hairspray juga dulu selama rambut mengalami kerontokan. Jadi jika mengalami masalah rambut rontok maka lakukan beberapa tips tersebut di atas, agar rambut bisa tumbuh lebat kembali.

dinan

dinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas