Rands Inc.

Tips Perawatan Wajah & Kecantikan ala Dinan

Perawatan Kulit Aman untuk Ibu dan Janin

Memiliki kulit yang sehat dan kencang dan wajah yang terawat begitu menjadi dambaan para kaum hawa. Melakukan perawatan merupakan hal yang sangat lumrah bagi wanita bahkan dari semua kalangan usia. Bahkan tak sedikit wanita yang bersedia membayar mahal untuk mendapatkan fasilitas perawatan yang terbaik dan juga untuk mendapatkan hasil kulit yang diidamkan.

Namun kebebasan dalam melakukan perawatan kulit terkhusus wanita hamil perlu dibatasi, karena tak hanya merawat kulit wajah, sang ibu juga harus memperhatikan efeknya bagi janin dalam kandungan. Jikapun harus melakukan perawatan kecantikan perlu, para ibu hamil perlu berhati-hati dan harus memperhatikan bahan-bahan yang digunakan, apakah terdapat bahan-bahan kimia berbahaya yang dapat berpengaruh pada janin atau sebaliknya bahan aman dan bisa diaplikasikan secara terus menerus. Tapi tenang, kamu bisa mempertimbangkan beberapa perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil sebagai berikut

  • Perawatan Rutin

Secara umum, melakukan perawatan kulit dan kecantikan harian seperti mencuci muka, melakukan  perawatan rambut, merias wajah, dan ritual mandi cukup aman. Namun perlu kamu perhatikan juga bahan yang digunakan dalam setiap perawatan yang dilakukan. Terutama jika kamu sering menggunakan kosmetik, pastikan kandungan kosmetik yang digunakan ibu hamil aman. Terdapat pelembab organik yang mengandung bahan berbasis kedelai, yang mempunyai efek efek seperti estrogen dan pelembab ini justru sangat berbahaya untuk diaplikasikan utamanya jika digunakan selama trimester pertama.

Untuk perawatan wajah, perlu diperhatikan beberapa bahan yang tidak diperbolehkan digunakan oleh ibu hamil diantaranya mengandung accutane, BHA, beta hydroxy acid, retinol, asam retinoat, asam salisilat, dan tetrasiklin. Penggunaan bahan ini saat hamil dapat menimbulkan cacat lahir pada bayi. Penggunaan lipstick, bisa perhatikan agar tidak menggunakan lipstick yang mengandung timbal karena dapat menimbulkan keracunan.

  • Melakukan pewarnaan rambut

Perawatan seperti mewarnai rambut juga dilarang bagi ibu hamil, utamanya melakukan pewarnaan rambut saat sedang mengandung usia kehamilan trisemester pertama. Boleh saja melakukan pewarnaan asal tidak menyentuh kulit kepala secara langsung, selain itu hindari pewarna rambut yang mengandung amonia, karena bau yang ditimbulkan oleh amonia dapat menimbulkan rasa mual.

  • Facial

Saat sedang mengandung ibu hamil perlu untuk melakukan merawat wajah, karena kulit cenderung lebih sensitif. Kegiatan perawatan kulit satu ini masih menjadi fifty-fifty, antara aman namun ada beberapa bahan yang perlu diwaspadai. Walaupun  kamu menghindari beberapa perawatan facial. Hindari perawatan berikut khusus ibu hamil, seperti botox, microdermabrasion, stimulasi listrik untuk perawatan ekstra, dan chemical peeling dan juga 

  • Manicure dan pedicure

Perawatan kecantikan pada bagian kuku ini juga cukup aman. Untuk ibu mengandung, saat melakukan manicure dan pedicure harus memperhatikan ventilasi udara dalam ruangan dan apakah cat kuku yang akan diaplikasikan mengandung bahan kimia berbahaya. Walaupun terbilang aman jangan terlalu sering melakukan pengecatan kuku karena bahan kimia keras yang terkandung dapat membahayakan janin. Jika  kamu masih ingin melakukan pewarnaan kuku, kamu bisa memilih cat kuku yang menggunakan bahan alami seperti henna atau kuteks jenis pacar, bahan yang digunakan aman dan warnanya juga lebih tahan lama.

  • SPA

Perawatan kecantikan dan kulit satu ini juga terbilang aman, namun waktu paling tepat untuk melakukannya adalah saat mengandung pada usia trimester kedua. Tapi ada beberapa rangkaian perawatan yang harus ibu hamil hindari, seperti body wrapping, sauna, whirpool, dan body steam yang bisa menaikkan suhu tubuh yang efeknya dapat membahayakan janin. 

Jika itu tadi perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil, kamu juga perlu memperhatikan produk kecantikan yang mengandung bahan berbahaya atau mengandung bahan yang aman untuk ibu hamil. Berikut beberapa produk yang aman untuk ibu hamil, diantaranya

  • Hada Labo

Produk perawatan kulit yang mudah ditemui ini merupakan produk kecantikan berasal Jepang. Hada Labo  menyatakan jika produknya aman untuk digunakan pada ibu hamil. Untuk para ibu bisa menggunakan varian produk Hada Labo yaitu Hada Labo Gokyujun Ultimate Moisturizing Cream.

  • Safi

Brand kecantikan asal Negeri Jiran ini merupakan produk yang tergolong baru di Indonesia. Namun kandungan yang terkandung didalamnya tak perlu diragukan lagi, terbuat dari bahan alami dan natural dan memiliki label halal. Ibu hamil bisa menggunakan varian Safi Rejuvente dan Brighten Radiant Day Emulsion SPF 25.

  • Cetaphil 

Produk yang dikhususkan untuk perawatan kulit berjerawat ini dinyatakan aman digunakan untuk para ibu hamil. Jadi jika saat mengandung tumbuh jerawat di wajah bisa memilih Cethapil untuk merawat kulit sang ibu. Varian yang bisa digunakan adalah Cethapil Dermacontrol SPF 30 Facial Moisturizer.

dinan

dinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas