Rands Inc.

Tips Perawatan Wajah & Kecantikan ala Dinan

Penyebab dan Cara Mengatasi Jamur Kulit

Kulit merupakan bagian terluar tubuh manusia yang melindungi berbagai organ penting. Kulit menjadi salah satu garda utama yang bersentuhan dengan dunia luar sehingga banyak kontak dengan berbagai zat yang bertebaran di luar tubuh manusia. Kulit banyak menerima kotoran, bersentuhan dengan bakteri bahkan bisa bersentuhan dengan jamur dan dapat menginfeksi kulit.

Banyak sekali penyebab dari jamur yang tubuh pada kulit, beda jamur juga membuat infeksi yang berbeda. Pada umumnya jamur akan mudah berkembang biak di tempat yang lembap seperti ada bagian tubuh yang memiliki lipatan seperti ketiak, sela-sela jari, dan juga selangkangan. Lalu apa saja  sebenarnya penyebab dan cara mengatasi jamur kulit tersebut ?

Penyebab

Banyak jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh berbagai jenis jamur contohnya yaitu :

  • KurapĀ 

Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur jenis tinea yang masuk dalam golongan jamur dermatophya yang biasanya menyerang di berbagai daerah kulit tubuh manusia, yaitu di kulit luar dan juga menyerang di kuku ataupun di kulit kepala. Pada umumnya, jamur akan hidup di bagian yang memiliki keratin seperti pada kulit, kuku dan juga rambut yang memiliki kandungan protein yang banyak sehingga bisa menjadi nutrisi bagi jamur.

Penyebab jamur ini bisa menginfeksi kulit Anda yaitu bisa dengan memakai handuk yang sama dengan penderita kurap, adanya suatu luka pada tubuh sehingga jamur mudah menempel, atau juga bisa dengan Anda yang tidak sadar bermain di tempat yang banyak spora jamurnya. 

  • Panu

Banyak orang yang tidak memahami bagaimana panu bisa menempel pada kulit dan menyebabkan gatal dan infeksi. Panu bisa disebabkan karena jamur malassezia. Tidak seperti jamur pada umumnya, jamur panu ini menyukai area lembap, panas, kering berminyak, dan juga bisa karena perubahan hormon atau lemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga jamur mudah berkembang biak pada kulit

  • Ruam Popok

Jika Anda memiliki bayi pasti banyak sekali masalah yang harus dihadapi misalnya adalah ruam popok pada bayi. Ruam ini terjadi karena kelembapan pada area popok bayi karena terlalu banyak urine atau feses yang tidak segera diganti. Kelembaban tersebutlah yang menjadi tempat bersarangnya jamur.  

  • Kandidiasis

Kandidiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur ragi jenis Candida yang menyerang bagian lipatan baik ketiak, lipatan payudara, lipatan tangan dan kaki, serta bisa juga menginfeksi bagian alat kelamin. Kandidiasis bisa disebabkan oleh suhu yang hangat dan lembap pada area tersebut. Selain itu banyak penyebab lain dari kandidiasis ini yaitu obesitas, penggunaan pakaian yang ketat, cuaca panas, tidak menjaga kebersihan tubuh, dan saat imunitas tubuh sedang lemah.

Cara Mengatasinya

Anda bisa menggunakan obat topikal berupa salep yang banyak dijual di toko obat namun jika keadaannya sudah parah lebih baik untuk dibawa ke dokter sehingga dokter bisa mendeteksi penyebab infeksi dan memberikan obat jamur yang lebih tepat. Dokter akan mengambil sampel dan memeriksanya di bawah mikroskop untuk ketepatan pemberian obat dan juga terapi agar tidak salah pemberian obatnya namun juga 

Ada beberapa jenis obat yang berguna untuk mengobati infeksi jamur sehingga Anda bisa memilihnya dengan sangat tepat dengan kesesuaian penyakit Anda. jika memang ragu-ragu langsung datangi saja dokter spesialis kulit apakah dosis dan cara pemakaian yang tepat. Anda harus banyak bertanya agar lebih tepat penggunaan obatnya.

Pencegahan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pencegahan digunakan untuk mencegah jamur untuk tumbuh pada tubuh manusia. Pencegahan dapat kita lakukan secara sederhana saja yaitu dengan berolah raga rutin agar tidak obesitas, lalu tidak memakai baju yang ketat, selalu menjaga kebersihan, jangan membiarkan tubuh Anda kotor dan lembap.

Anda juga harus memperbaiki pola hidup baik makan, olahraga, pola tidur dan lain sebagainya. Hal ini dapat berpengaruh dengan sistem kekebalan tubuh atau imunitas sang penderita agar tubuh kuat dalam menangkal zat-zat yang buruk seperti jamur. 

Itu tadi merupakan ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi jamur kulit yang dikemas secara sederhana semoga bermanfaat.

dinan

dinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas