Rands Inc.

Tips Perawatan Wajah & Kecantikan ala Dinan

Penyebab dan Cara Mengatasi Gatal Pada Kulit Kepala

Kulit kepala yang gatal pasti sangat mengganggu Anda bukan ? apalagi gatal saat berada di tempat umum. Ingin menggaruk kepala takut memalukan tapi jika tidak digaruk akan terasa sangat gatal. Gatal pada kulit kepala tidak hanya gatal biasa namun luar biasa sampai terkadang membuat stres karena tidak kunjung sembuh. 

Banyak sekali penyebab kulit kepala yang gatal tersebut yaitu penyebab yang paling sering adalah Kurangnya menjaga kebersihan kulit kepala atau juga bisa karena tidak cocok menggunakan sampo, terlalu sering keramas juga bisa menyebabkan kulit kepala menjadi gatal karena terlalu kering. Lalu apa saja penyebab dan cara mengatasi gatal pada kulit kepala tersebut ?

Penyebab

  • Ketombe

Ketombe merupakan penyebab yang paling umum untuk gatal di kulit kepala. Banyak sekali orang yang mengelih gatal pada kulit kepala ternyata karena ketombe yang terlalu banyak pada kulit kepala. Ketombe bisa muncul karena pertumbuhan jamur yang sangat banyak sehingga menimbulkan banyak produksi minyak di kulit kepala, dan banyak kotoran yang menempel pada kulit kepala.

Jamur juga menyebabkan banyaknya sel kulit mati yang terkelupas sehingga terjadilah ketombe. Kotoran dan pengelupasan sel kulit mati ini lah yang membuat kulit terasa gatal. Belum lagi jika kulit kepala kotor bisa menjadi sarang dari bakteri yang tentunya mengerikan jika membuat kulit kepala semakin mengalami infeksi. Ketombe juga bisa muncul karena kulit sensitif terhadap zat tertentu, biasanya Anda menggunakan produk sampo baru dan akhirnya menimbulkan ketombe.

  • Psoriasis

Penyebab gatal di kulit kepala yang selanjutnya yaitu psoriasis yang disebabkan karena pertumbuhan sel yang sangat banyak dan cepat sehingga menimbulkan pustul atau benjolan berwarna merah dan ada sisiknya di atas benjolan tersebut. Benjolan ini menimbulkan rasa gatal yang luar biasa namun jika digaru atau dikelupas bagian atasnya menimbulkan sakit yang luar biasa.

  • Kurap

Kurap tidak hanya tumbuh pada kulit bagian luar Anda namun juga bisa tumbuh di kulit kepala. Kurap ini disebabkan oleh jamur yang menyerang bagian kulit kepala luar. Biasanya menimbulkan ruam dan pinggirannya menonjol. Akibatnya bisa membuat kulit kepala menjadi menonjol, bisa juga kulit kepala menjadi bersisik dan sangat gatal atau juga bisa menyebabkan kebotakan pada kulit kepala.

  • Alergi

Alergi pada suatu produk tertentu juga dapat mengakibatkan kuli kepala menjadi sangat gatal. Hal ini terjadi juga karena sering bergonta-ganti sampo, menggunakan perawatan rambut yang memiliki zat berbahaya, produk yang membuat kering kulit kelapa dan lain sebagainya. 

Cara Mengatasinya

  • Ketombe

Anda bisa mengganti produk sampo Anda menggunakan sampo anti ketombe yang dilengkapi dengan kandungan zink untuk membantu membunuh bakteri penyebab ketombe. Namun, Anda juga harus hati-hati, ada juga sampo anti ketombe yang malah membuat ketombean. Anda harus cek komposisinya apakah sampo anti ketombe tersebut memiliki zat yang berbahaya lain di samping zink ? jika keluhan tidak berkurang, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

  • Psoriasis

Anda bisa mengurangi gejala gatal pada kulit kepala saat mengalami psoriasis dengan sampo yang mengandung asam salsilat, minyak atau krim yang mengandung coal tar atau Anda juga bisa memberikan pelembab dalam bentuk salep agar keluhan gatal bisa lebih berkurang. 

Jika keluhan tidak berkurang lebih baik Anda menemui dokter agar mendapatkan obat yang tepat untuk penyakit Anda. bisa diberikan salep yang bisa Anda oleskan pada pustul.

  • Kurap

Jika hal ini terjadi pada Anda, lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit yang bisa memberikan sampo khusus anti jamur dan juga obat anti jamur baik secara oral maupun topikal. Biasanya obat oral yang diberikan merupakan obat yang mengandung griseofulvin dan terbiafine.

  • Alergi

Jika kulit kepala Anda mengalami alergi saat menggunakan produk tertentu atau zat-zat tertentu maka hentikan penggunaan produk tersebut. Dan Anda bisa menggunakan bedak topikal anti alergi untuk sedikit mengurangi keluhan gatal. Namun, jika Anda belum tahu dan tidak bisa menanganinya sendiri, lebih baik untuk pergi ke dokter spesialis kulit agar Anda diberikan obat alergi agar bisa menghentikan keluhan gatal-gatal yang Anda rasakan. 

dinan

dinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas