Rands Inc.

Tips Perawatan Wajah & Kecantikan ala Dinan

Mengenal Kolagen Serta Perannya Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh Dan Kulit

Ada banyak jenis pertanyaan yang seringkali diungkapkan jika membicarakan mengenai masalah kesehatan kulit. Dimulai dari pertanyaan yang berkaitan dengan cara perawatan, makanan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit hingga beragam jenis zat berkhasiat yang dapat menjaga kulit agar hadir dengan kondisi yang lebih sehat. Salah satu pertanyaan yang cukup sering diutarakan adalah pertanyaan yang berkaitan dengan kolagen, seperti pertanyaan “Apakah kolagen dan apa perannya untuk kulit?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Anda menyimak uraian penting sebagai bentuk penjelasannya di bagian bawah ini:

Apa itu kolagen?

Kolagen dikenal sebagai jenis protein yang banyak diproduksi oleh hewan. Bahkan keberadaannya pun sangat mudah ditemukan pada bagian ligamen, tendon, kulit, serta tulang rawan. Tidak hanya pada hewan saja, manusia juga dapat memproduksi protein di dalam tubuhnya. Hanya saja semakin tua usia seseorang maka akan semakin sedikit pula zat kolagen yang diproduksi olehnya.

Bukan hanya berkaitan dengan faktor usia saja, kebiasaan atau gaya hidup juga turut mempengaruhi produksi kolagen, seperti halnya pada paparan cahaya matahari atau sinar ultraviolet, kemudian kebiasaan merokok, dan juga beberapa kebiasaan tidak sehat lainnya yang dapat menurunkan produksi kolagen dalam tubuh dengan mudah.

Selain itu, beberapa masalah kesehatan juga dapat menguras penyimpanan kolagen dalam tubuh. Dengan demikian, semakin sedikitnya jumlah kolagen dalam tubuh maka kondisi kesehatan kulit yang dimilikinya pun akan semakin buruk pula. Hal ini terlihat melalui keberadaan kulit yang berubah menjadi keriput, sakit di area persendian, kulit kendur, kulit yang kering juga beberapa proses penyembuhan yang berjalan dengan tidak baik.

Mengenal peran kolagen

Sementara itu, kolagen hidrolisat yang dikenal sebagai hidrolisis protein sering pula disebut sebagai gelatin. Zat yang satu ini banyak ditemukan dalam beberapa bentuk penelitian serta percobaan hewan juga klinis yang dilakukan di tahun 2010 hingga tahun 2017. Keberadaan zat tersebut dikenal dengan manfaat serta efeknya yang baik. Seperti halnya tindakannya yang berperan sebagai antioksidan, anti penuaan, anti osteoporosis, anti osteoarthritis, anti tumor, anti inflamasi, anti hipertensi, anti obesitas dan beragam bentuk manfaat lainnya.

Selain beberapa peran penting yang dimilikinya di bagian atas tadi, kolagen juga berfungsi sebagai nutrisi olahraga. Hal ini terbukti melalui uji klinis yang dilakukan pada tahun 2008 lalu. Dari hasil penelitian tersebut dinyatakan bahwa keberadaan kolagen dapat membantu para atlet dalam mengurangi serta mengobati dari rasa sakit sendi yang dialami olehnya. Selain itu, kolagen hidrolisat juga dapat Anda temukan dalam bentuk suplemen, sehingga para atlet itu tadi pun dapat mengonsumsinya dengan mudah.

Jika dilihat dari aspek lainnya, kolagen juga memiliki manfaat lain yang berkaitan dengan urusan pencernaan. Dengan kata lain, kolagen dapat membantu Anda dalam mengatasi beragam masalah pencernaan serta usus. Hal ini terbukti melalui keberadaan kolagen yang terdapat di bagian dalam dari jaringan ikat usus. Sehingga keberadaannya pun dapat berfungsi sebagai lapisan pelindung dari saluran pencernaan.

Keberadaan kolagen di dalam saluran cerna utamanya usus juga menjadi bagian penting, karena dengan kolagen tersebut keberadaan racun juga partikel makanan yang tidak tercerna ke dalam tubuh tidak akan masuk ke bagian aliran darah. Sementara itu jika masuk ke dalam alirah darah, tentunya dapat mengakibatkan beragam bentuk permasalahan seperti halnya peradangan, penyakit psikologis, mengganggu tingkat kekebalan tubuh, juga dapat mengakibatkan masalah neurologis.

Sementara itu, kolagen sendiri secara garis besar bisa Anda dapatkan dari bagian kulit, tulang dan bahkan sisik ikan yang kemudian dikenal sebagai gelatin. Namun tidak hanya mengandalkan kolagen dari dalam tubuh saja, beberapa jenis makanan di bawah ini juga dapat mendongkrak produksi kolagen dengan lebih mudah, seperti halnya pada jenis sayuran dengan daun hijau yang gelap, buah-buahan juga sayuran berwarna orange seperti wortel, tomat, jeruk, mangga atau bahkan pepaya. Kemudian ada pula pada jenis kacang almond, kiwi serta buah alpukat juga bawang putih. Dari penjelasan di bagian atas tadi, dapat Anda lihat bahwa ada banyak sekali manfaat yang dapat diberikan oleh kolagen dalam peranannya yang menjaga kesehatan tubuh, utamanya bagian kulit manusia agar lebih awet muda.

dinan

dinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas