Rands Inc.

Tips Perawatan Wajah & Kecantikan ala Dinan

Ini Dia 8 Jenis Makanan Yang Mendongkrak Produksi Kolagen

Apa saja Makanan yang mengandung kolagen? Bentuk pertanyaan yang satu ini seringkali tidak terjawab, karena kebanyakan orang lebih mengetahui kandungan kolagen di dalam makeup yang digunakan dibandingkan dengan kandungan kolagen yang terdapat pada makanan yang dikonsumsinya. Berbicara mengenai kolagen, pada dasarnya zat yang satu ini telah diproduksi secara alami oleh tubuh dan dikenal sebagai salah satu protein dengan manfaat luar biasa. Manfaat tersebut berkaitan dengan kesehatan kulit yang mana keberadaan kolagen dapat menjadikan kulit wajah Anda jauh lebih kencang juga elastis alami.

Semakin bertambah usia seseorang, maka produksi kolagen dalam tubuhnya pun turut menurun pula. Karena itulah mereka yang telah berusia umumnya akan memiliki kulit yang jauh lebih tipis, kendur dan juga lebih keriput. Merujuk pada hal tersebut, mereka yang telah berusia tua pun membutuhkan asupan kolagen yang berasal dari luar, baik itu dari penggunaan suplemen, makanan atau bahkan produk perawatan kulit. Namun jika Anda ingin berhemat, cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat memicu produksi kolagen dengan lebih baik, seperti halnya beberapa jenis makanan di bagian bawah ini:

  • Sayuran dengan warna merah

Sayuran dengan zat berwarna merah di dalamnya termasuk dalam jenis tumbuhan yang kaya akan likopen, yaitu zat antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit. Pasalnya ia akan bekerja sebagai sunblok kulit secara alami dan mampu mendongkrak produksi zat kolagen dari dalam tubuh. Beberapa jenis sayuran atau bahkan buah-buahan dengan zat berwarna merah tersebut di antaranya adalah tomat, strawberry, semangka, paprika merah dan lainnya. Selain dikenal dengan kandungan antioksidan beberapa jenis sayuran juga buah-buahan tersebut dikenal dengan kandungan vitamin C tinggi di dalamnya.

  • Sayuran dengan daun hijau

Jenis makanan lain yang juga dapat merangsang pertumbuhan kolagen dengan lebih baik di dalam tubuh adalah jenis sayuran hijau, seperti halnya bayam. Jenis sayuran ini juga dikenal dengan kandungan vitamin A yang tentunya menjadi nutrisi tepat untuk membantu poduksi kolagen dengan lebih baik.

  • Sayuran serta buah berwarna orange

Untuk sayuran serta buah berwarna orange tentu dikenal karena kandungan vitamin A yang tinggi di dalamnya. Dengan keberadaan vitamin tersebut, tentunya produksi kolagen pun dapat ditingkatkan dengan lebih baik. Bahkan keberadaannya pun mampu menjaga elastisitas kulit serta sirkulasi darah di dalam tubuh dengan lebih optimal. Beberapa jenis sayuran serta buah berwarna orange tersebut di antaranya adalah ubi manis, wortel, buah mangga hingga pepaya.

  • Jeruk

Berbicara mengenai buah berwarna orange tentu tidak lepas dari buah jeruk. Sementara itu, jeruk sendiri hadir dengan beberapa jenis buah yang berbeda ada jeruk nipis, jeruk lemon, grapefruit, dan beragam jenis jeruk lainnya. Jenis buah ini dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Dengan demikian, ia pun mampu mengubah asam amino lisin juga prolin menjadi kolagen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh utamanya kulit.

  • Berry

Selain jeruk, beberapa jenis buah berry termasuk di antaranya strawberry, blueberry, blackberry hingga raspberry pun juga masuk dalam daftar jenis makanan yang dapat membantu peoduksi kolagen dari dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan dari zat anthocyanidins yang dapat meningkatkan produksi kolagen juga menangkal radikal bebas.

  • Whitetea

Whitetea memang tidak terlalu terkenal, tidak seperti halnya greentea yang sudah banyak dikenal orang. Namun keberadaan whitetea juga memiliki beberapa manfaat yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya dalam menjaga kesehatan kulit. Whitetea bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim penuaan pada bagian kulit. Hal ini bahkan dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Kingston dan membuahkan hasil penelitian yang menyatakan bahwa whitetea dapat melindungi protein di dalam tubuh utamanya jenis protein kolagen.

  • Alpukat

Selain dikenal sebagai jenis buah-buahan yang dapat menunda rasa lapar karena menimbulkan rasa kenyang bagi mereka yang mengkonsumsinya. Alpukat juga dikenal sebagai jenis buah yang memiliki kandungan omega 3 tinggi. Selain itu, buah alpukat juga mengandung vitamin E yang baik dalam menjaga kesehatan kulit serta dapat menangkal munculnya radikal bebas dengan lebih mudah

  • Ikan

Untuk jenis makanan lain yang juga dikenal baik dalam merangsang pertumbuhan kolagen adalah ikan. Kandungan asam omega 3 di dalamnya mampu menjaga selaput lemak yang mengelilingi sel kulit, sehingga struktur kulit yang Anda miliki dapat terjaga dengan baik. Itulah kiranya beberapa jenis makanan yang dapat membantu Anda dalam memperoleh produksi kolagen dengan lebih baik.

dinan

dinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas