Rands Inc.

Tips Perawatan Wajah & Kecantikan ala Dinan

Ingin Berlibur ke Pantai Tetapi Takut Gosong?

Saat udara terasa panas rasanya ingin sekali berenang di pantai ataupun kolam renang. Padahal ada sinar UV yang berbahaya bagi kulit kita. Pantai merupakan salah satu tujuan terfavorit bagi wisatawan lokal maupun internasional apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki bentangan pantai sangat luas tersebardari sabang hingga Merauke. Anda tidak perlu bingung jika inginberwisata pantai karena mencari pantai yang indah di Indonesia merupakan hal yang mudah. Namun, umumnya kekhawatiran jika pergi ke pantai adalah ketakutan kulit akan menjadi gosong karena sengatan sinar matahari. Untuk mengatasinya anda perlu mempersiapkan beberapa tips berjemur / berenang saat liburan.

  • Memilih waktu yang tepat

Tentu saja anda tidak ingin niat berjemur malah terkena kanker kulit bukan? Memiliki kulit tan bukan berarti mengharuskan anda untuk berjemur di bawah terik matahari. Anda bisa berjemur sekitar pukul 9 pagi dan pukul 4 hingga 6 sore. Pada jam – jam tersebut matahari dianggap tidak berbahaya bagi kulit.

  • Gunakan Sunscreen atau Sunblock

Tabir surya atau sunscreen sangat penting untuk anda pakai sebelum berangkat berlibur ke pantai. Paparan sinar matahari secara langsung tidak bagus untuk kesehatan kulit karena sinar matahari mengandung ultraviolet yang terdiri atas UVA dan UVB. Sinar UVA ini merupakan salah satu penyebab penuaan pada kulit. UVA mampu menembus kaca, sehingga walaupun anda berada di dalam ruangan tetap sangat mungkin terkena paparan sinar UV. Celakanya paparan sinar UV secara mikroskopis mampu merusak sel – sel dalam tubuh dan pembuluh darah. Sinar UVB merupakan sinar yang mampu membuat kulit anda terbakar ketika bermain di bawah sinar matahari. Kandungan UVA dan UVB juga bersifat karsinogenik yakni mampu menyebabkan kanker kulit. Setelah anda sudah tahu bahaya sinar UVA dan UVB tentu saja anda sudah tahu manfaat tabir surya. Oh iya, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan aplikasikan kembali setelah 4 jam.

  • Gunakan Kacamata hitam

Jika anda ke pantai untuk berjemur jangan lupa untuk membawa kacamata hitam. Kacamata selain sebagai aksesoris yang mampu mempercantik penampilan andaa juga berfungsi untuk melindungi mata anda dari paparan radiasi sinar UV serta agar anda tidak silau. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa paparan sinar UV juga dapat menyebabkan katarak dan berkurangnya kemampuan mata.

  • Gunakan pakaian yang tipis

Sinar matahari tentunya panas dan anda pun akan merasa kegerahan untuk mengatasinya maka sebaiknya gunakan pakaian yang lebih tipis. Untuk cowok mungkin bisa memakai celana renang saja sedangkan untuk cewek bisa memakai bikini yang membuat anda nyaman.

  • Memakai topi atau pelindung kepala

Walaupun sudah memakai sunscreen namun anda juga perlu menambahkan perlindungan lainnya seperti topi atau kulit kepala. Selain itu, anda juga tidak boleh berlama – lama di bawah paparan sinar matahari sebaiknya berganti – ganti dengan tempat teduh seperti di bawah pepohonan yang rindang.

  • Menyiapkan buku dan playlist musik

Untuk menghindari rasa bosan karena hanya tidur dan berjemur sebaiknya anda menyiapkanbuku dan playlist yang bisa anda dengarkan. Anda bisa memilih buku dengan topik ringan seperti buku komedi, romance atau drama. Berjemur dengan membaca buku dan mendengarkan musik bisa membuat anda lebih rileks serta merasa bahagia.

  • Mandi setelah berjemur

Tentu saja anda sudah tahu bahwa kandungan garam air laut sangatlah tinggi dan mampu menyebabkan kulit menjadi kering. Untuk itu anda harus segera membilasnya dengan air tawar dan jangan lupa menggunakan sabun yang memiliki kandungan pelembab supaya kulit  tidak semakin kering.

  • Memakai aftersun gel

Fugsiaftersun gel yakni berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit setelah terpapar matahari. Apabila anda sudah selesai berjemur maka gel ini sangat penting untuk di aplikasikan karena mampu memperbaiki sel kulit yang rusak (sunburn) akibat terpapar sinar matahari selain itu aftersun gel juga mampu membuat kulit anda tetap dingin. Jadi, apakah anda sudah siap berlibur dan berjemur? Jangan lupa bawa perlengkapan tempurmu!

dinan

dinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas