Rands Inc.

Tips Perawatan Wajah & Kecantikan ala Dinan

Bermasalah dengan Telapak Kaki Kering dan Pecah-pecah? Begini Solusinya!

Saya pribadi merasa tidak percaya diri saat memiliki telapak kaki yang kering dan pecah-pecah. Apalagi saat sedang berkumpul, duduk santai, tanpa menggunakan kaos kaki, sungguh tidak PD. Tidak hanya seputar penampilan yang performanya menurun, namun kaki kering pecah-pecah tidak  jarang berdarah dan menimbulkan ketidaknyamanan saat digunakan berjalan.

Ada banyak sekali penyebab telapak kaki kering dan pecah-pecah, diantaranya adalah:

  • Kurangnya kelembaban kulit

Kulit kaki yang kurang lembab kondisinya, berpotensi menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit yang kering diantaranya disebabkan oleh kelenjar minyak yang kurang atau karena kelembaban kulitnya yang minim. Kondisi kulit yang kurang lembab bisa diatasi dengan perawatan intens untuk menghindari  telapak kaki pecah-pecah.

  • Karena iritasi

Iritasi muncul sebagai akibat dari jarangnya mengganti kaos kaki, dan senantiasa memakai kaos kaki tanpa memperhatikan kebersihannya. Besar kemungkinan, kaki yang jarang sekali terkena sinar matahari, memakai kaos kaki secara kontinu dan dalam kondisi dekil akan menyebabkan iritasi.

  • Cuaca panas dan terik

Cuaca panas dan terik menyebabkan kelembaban kulit berkurang, bahkan menyebabkan retak-retak.  Kondisi panas tidak hanya disebabkan oleh cuaca, namun pemakaian sepatu yang intens, dan dalam durasi waktu yang lama. Gunakan kaos kaki yang bahannya pas untuk menghindari seringnya melepas sepatu dengan tujuan agar terhindar dari gerah akibat pemakaian sepatu. Dan, masih banyak lagi penyebab telapak kaki pecah dan kering yang semestinya dihindari.

Apakah Anda saat ini mengalami masalah yang serius dengan telapak kaki yang kering dan pecah-pecah? Jika demikian, Anda bisa coba mengatasinya dengan bahan dan cara alami berikut ini!

  • Lemon

Lemon agaknya merupakan buah yang berpotensi besar untuk menyembuhkan penyakit dan sebagai solusi masalah kecantikan yang ampuh. Lemon berpotensi melembutkan kulit kasar yang menyebabkan kaki kering dan pecah-pecah. Ini adalah cara yang praktis untuk dilakukan. Caranya adalah campurkan perasan lemon ke dalam bak berisi air hangat. Usahakan untuk tidak menggunakan air panas karena air panas berpotensi membuat kaki semakin pecah-pecah. Rendam setidaknya selama 15 menit lalu gosok dengan menggunakan batu apung setelahnya.  Setelah itu, cuci kaki hingga bersih dan keringkan.

  • Minyak sayur

Bahan alami yang cocok untuk atasi kulit kaki kering dan pecah-pecah adalah minyak sayur. Minyak sayur yang Anda miliki di rumah baik itu  minyak kelapa, minyak wijen, minyak zaitun dan lain sebagainya, efektif membantu atasi telapak kaki yang kering dan pecah-pecah. Cara pemakaiannya adalah:

Terlebih dahulu rendam kaki dengan menggunakan air panas, lalu gosokkan bagian tumitnya dengan memakai batu apung. Setelah itu, cuci kaki dan keringkan. Oleskan minyak sayur ke seluruh bagian telapak kaki lalu bungkus dengan kaos kaki. Lakukan saat menjelang tidur agar minyak memiliki waktu meresap yang lebih lama sehingga lebih cepat teratasi kaki kering dan pecah-pecahnya.

  • Garam inggris

Cara lain yang cukup mudah dan ekonomis untuk mengatasi telapak kaki kering dan pecah-pecah adalah dengan menggunakan garam inggris. Garam inggris berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah di  area telapak kaki sehingga terjaga kelembapannya. Caranya adalah, siapkan baskom berisi  air hangat, lalu campur dengan garam inggris sebanyak 1,5 cangkir ke dalamnya. Rendam kaki setidaknya selama 10 menit. Setelah itu, gosok kaki menggunakan batu apung. Setelahnya, rendam kembali selama 10 menit. Tahap terakhir adalah keringkan, lalu oleskan petroleum jelly agar kelembapan kulit tubuh terjaga. Agar kaki tetap lembab, pakailah kaos kaki.

  • Masker alpukat pisang

Masker alpukat pisang adalah masker pelembab kaki yang cukup mudah Anda siapkan di rumah. Baik alpukat maupun pisang keduanya adalah buah yang mudah kita dapatkan di sekeliling kita. Alpukat kaya akan nutrisi melembabkan sebagaimana buah pisang. Caranya siapkan buah alpukat yang telah di kupas kulitnya. Campur dengan buah pisang hingga merata sampai bentuknya menyerupai pasta. Setelah itu, oleskan ke area kaki  lalu diamkan hingga lebih kurang 15 menit lamanya. Alpukat mengandung minyak esensial, vitamin dan mineral dan lemak yang menjaga telapak kaki tetap lembab. Setelah di oles masker, agar khasiatnya lebih meresap, bungkus dengan menggunakan kaos kaki yang bersih.

dinan

dinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas