Rands Inc.

Tips Perawatan Wajah & Kecantikan ala Dinan

4 Cara Mudah Untuk Mengatasi Kapalan di Kulit

Kapalan memang bukanlah sebuah penyakit kulit berbahaya. Namun, adanya kapalan pada kulit dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri. Sehingga kamu harus mencari dan mengaplikasikan berbagai macam cara untuk mengatasi kapalan di kulit.

Kapalan atau yang dalam bahasa kedokterannya disebut dengan nama callus ini, merupakan sebuah keadaan dimana ada bagian kulit yang mengeras dan menebal. Keadaan ini terjadi dikarenakan kulit melakukan sebuah bentuk perlindungan dari gesekan serta tekanan yang berlebih. Sehingga bukan hal aneh bila kapalan ditemukan atau muncul di telapak tangan, telapak kaki serta buku jari. Dimana bagian-bagian tubuh tersebut adalah bagian tubuh yang paling banyak menerima tekanan serta gesekan.

Kapalan yang muncul di kaki terkadang sering dikira sebagai mata ikan, karena bentuknya yang hampir sama. Namun, sebenarnya kamu pun bisa membedakan kapalan dan mata ikan melalui bentuknya. Mata ikan memiliki bentuk yang kecil. Sedangkan kapalan biasanya memiliki bentuk yang besar serta garis tepi dari kapalan tersebut tidak terlihat jelas.

Sebenarnya banyak faktor yang memicu terjadinya kapalan. Seperti halnya penggunaan sepatu yang kurang tepat ( menggunakan sepatu yang memiliki ukuran kekecilan ), terlalu lama menggunakan sepatu yang usang dan seringnya mengenakan sepatu hak tinggi. Selain itu, terlalu sering memainkan alat musik dan peralatan memasak juga dapat memicu kapalan di tangan.

Jika kapalan sudah terlanjur ada di beberapa bagian tubuh , lalu bagaimana cara mudah untuk mengatasi kapalan di kulit? Untuk mengetahui caranya, mari simak beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah kapalan di kulit melalui ulasan-ulasan berikut ini.

Hilangkan lapisan Kulit Keras Secara Perlahan

Cara pertama untuk mengatasi dan mengobati kapalan adalah dengan menghilangkan lapisan kulit keras secara perlahan. Untuk menghilangkan lapisan kulit keras ini kamu bisa melakukannya dengan cara menggosok lapisan kulit kelas tersebut menggunakan kain lap kasar, batu apung, dan papan amril. Selain itu, kamu juga bisa mengikir lapisan kulit kapalan untuk menghilangkan kulit keras tersebut. Namun, hati-hati dalam menggosok maupun mengikir kulit. Sebab kamu bisa melukai kulit bila melakukannya dengan sembarangan.

Menggunakan Pelembab

Penggunaan pelembab mampu untuk melunakkan kulit yang keras dan menebal. Sehingga membuat kamu mudah untuk menggosok dan mengangkat kulit yang menebal dan mengeras. Sehingga kulit kapalan akan menghilang dengan sendirinya.

Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan pelembab pada kulit kapalan, sebaiknya gunakanlah pelembab yang mengandung asam salisilat dan urea. Hal ini disebabkan fungsi dari asam salisilat dan urea yang sangat baik untuk melembutkan dan mengikis kulit kapalan secara perlahan, asal kamu menggunakannya dengan rutin dan sewajarnya.

Rendam Air Hangat

Selain menggunakan pelembab, kamu juga bisa melunak kulit kapalan dengan merendam kulit yang kapalan ke dalam air hangat. Rendamlah kulit selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, gosoklah secara perlahan sampai kulit kapalan tersebut dapat terangkat dengan sendirinya. Kamu bisa menggosok kulit dengan tangan kosong atau menggunakan kain lap yang memiliki tekstur agak kasar.

Menggunakan Bantalan Sepatu

Khusus untuk mengatasi kulit kapalan yang ada di kaki, kamu bisa menggunakan bantalan sepatu. Bantalan ini berfungsi untuk melindungi kulit kapalan di kaki. Sebab meski kulit kapalan umumnya tidak sensitif, namun bila digunakan untuk berjalan ataupun berlari kulit kapal akan terasa sedikit nyeri. Nah, bantalan sepatu ini bisa sedikit mengurangi rasa nyeri tersebut.

Tak hanya itu. Bantalan sepatu juga berfungsi mencegah kulit kapalan datang ke kulit kaki. Untuk itu bila kamu ingin mencegah kembalinya kulit kapalan, kamu bisa memanfaatkan bantalan sepatu sebagai salah satu solusi yang mudah. Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah kapalan di kulit. Namun perlu diingat bila setelah mengaplikasikan cara-cara di atas, kapalan tidak hilang juga atau bahkan malah bertambah banyak segera hubungi dokter kulit terdekat. Selain itu, bila kamu seorang penderita diabetes, alangkah baiknya bila kamu tidak mengikuti cara-cara di atas. Sebab penderita diabetes tidak boleh melakukan pengobatan sendiri yang berhubungan dengan kulit. Jadi ketika kamu penderita diabetes dan ingin mengatasi kapalan di kulit, maka kamu bisa langsung pergi ke dokter kulit.

dinan

dinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas